Minggu, 09 September 2012

FLOATing on Sunday Afternoon

"Sundays will be empty as it's always been
Watching TV, wake up late, playing dead.
Mondays won't be easy with no plans and schemes.."


Yak!  yang di atas itu sedikit petikan dari lirik lagunya Float, judulnya Surrender. Lagu itu tiba-tiba nongol di playlist iTunes, menemani saya yoga di Minggu sore ini. Tetiba keingetan kalo udah dari bulan lalu kepingin posting tulisan tentang mereka and now I'm doing it, tentunya sambil ditemani lagu-lagu mereka di http://soundcloud.com/floatproject.

Pertama kali dengerin lagu-lagu mereka itu gara-gara nonton film Tiga Hari Untuk Selamanya (3HUS) sekitar akhir tahun 2007an kalo gak salah, lagu-lagu mereka resmi jadi soundtrack film 3HUS 1 album. Waktu nonton film itu langsung jatuh cinta sama lagu Tiga Hari Untuk Selamanya, belum tau & dengerin banyak lagu mereka pada saat itu sih. Sampai pada akhirnya sekitar tahun 2009 (mungkin - lupa pastinya) dengerin lagu mereka yang Stupido Ritmo, perhatiin liriknya seru banget, lagu tentang cinta-cintaan tapi gak mellow justru bikin cheer up dan senyam senyum (kalau ini mungkin bisa karena faktor substansi... Huahaha), entah kenapa kalau dengerin lagu itu langsung kesetting bayangan tiduran di pantai sambil ngeliat ke langit, pacar di sebelah kanan, botol beer di sebelah kiri dan MJ di tangan kiri (ngayal aja duluuuu). Setelah familiar dengan 2 lagu mereka itu, saya langsung download 1 album THUS (maafkan saya untuk hal yang 1 ini wahai Meng CS *sungkem*). 

Sekitar 2010 ke 2011 cari-cari gig mereka tapi gak pernah nemu dan belakangan ini baru tau kalo ternyata mereka dari 2008 ke 2011 itu vakum, ya pantesan aja toh kalo gak nemu.. Atau mungkin pada saat itu gue kurang "giat" untuk cari tau gig mereka.. Hehehe.. Nah! Tahun 2011 kalau gak salah pertama kalinya gue liat live performance mereka di Sunday Jazz Festival, kurang puas sama performance mereka pas di SJF 2011 karena mereka cuma bawain kalo gak salah 5 lagu & sempet hujan pada saat itu. Sebulan kemudian jejingkrakan kesenengan begitu liat mereka ada di line up Java Rock Festival, mereka main jam 7 malem kalau gak salah tapi malam itu gue nyaris kelewatan pas FLOAT manggung karena pas sampe di Ancol udah telat yg disebabkan oleh banyaknya kebodohan yang terjadi bersama @Tarie_ananta, jadi ceritanya pas kita baru masuk gate JRL tiba-tiba udah denger lagu mereka main, walhasil gue ngacir nyari stage tempat mereka perform, untung aja panggungnya gak begitu jauh dari pintu masuk, jadi kayaknya baru kelewat 1 lagu gitu. Sejak malam itu lah gue resmi jadi grupisnya FLOAT... Hahahaha... Dimana mereka main selama waktunya pas pasti gue kejar! Lagu-lagu mereka resmi jadi "teman" dikala senang dan galau.. Huahahaha..



Terakhir liat performance mereka itu seminggu yang lalu, di Reading Room Kemang. Malam itu mereka main dalam rangka 8th Anniversary -nya Float, mereka main dengan formasi lama: Meng, Bontel, Remon + Timur (ex drummer band Acid Jazz favorite akik juga pada masanya, Chlorophyl.. Hehehe) & sempet juga liat Iyas sang keyboardist nan tampan itu (#uhuk) ngebantuin main pianica dari deretan depan "deprokan" penonton. Pas tau mereka mau bikin gig setelah libur lebaran di twitter langsung gak pake pikir panjang untuk hadir. Bisa dibilang malam itu gue modal nekat untuk nonton mereka karena berangkat dari rumah sendirian dan gak tau dimana letak persisnya itu Reading Room + dapet supir taksi yang gak tau jalan. Tapi bermodalkan Google Maps akhirnya saya sampai di Reading Room. Sebelum berangkat @ajeng_junika BBM, dia nyari temen untuk kesana juga ternyata dan coincidentally disana pun ketemu beberapa temen yang ternyata emang udah resmi jadi grupisnya FLOAT. Hihihihi... Duduk di bar sendirian, nungguin Ajeng dateng dari mulai Reading Room masih belum begitu penuh sampai penuh sesek. Pas kira-kira lagu ke 3 akhirnya saya tidak sendirian lagi disitu, Ajeng pun datang. Walaupun pas Ajeng dateng pun agak-agak lupa kalau udah ada teman di samping Saya, karena Saya dan Ajeng sama-sama seru sendiri ikutan nyanyi bareng seisi Reading Room pada malam itu. Selain ngebawain beberapa lagu-lagu ciamik mereka dari album THUS, Float pada malam itu juga bawain lagu-lagu mereka yang baru kayak I.H.I dan Waltz Musim Pelangi, yang paling GONG sih mereka sempet bawain 2 lagunya The Beatles & Sting pada malam itu. Malam itu resmi jadi penutup akhir pekan yang sangat SPEKTAKULER untuk Saya. =D


TAPI... Sampai detik ini ada 1 gig mereka yang saya sangat nyesel gak hadir, yaitu pas mereka bikin FLOAT2NATURE ke Dieng, dimana mereka main di atas gunung dan bisa lebih dekat + pastinya akan sangat senang sekali karena disana bisa kenalan sama pecinta FLOAT yang lain. Hiks.. Hiks... Berharap mereka bakal buat FLOAT2NATURE part 2 (menurut bocoran sih udah ada wacana part 2 bakal dibuat di pantai) dan SEMOGA SAJA Saya bisa ikut di trip berikutnya. Amiiiin.. 



Mungkin mereka bukan band Indonesia pertama yang bikin saya "jatuh cinta", tapi bisa dibilang selain NAIF (salah satunya) mereka lah yang bikin saya bisa kembali jadi grupis band lokal. Sampai-sampai gue pernah ngetwit kalau salah 1 syarat untuk jadi calon suami gue, cowo itu musti suka (atau setidaknya tau) lagu-lagunya FLOAT. HAHAHAHA.. 

So, when the next gig, @float_project?  Saya sudah siap ngapung lagi bersama kalian dan floaters yang lainnya.. =D

Salam ngapung!
@siwindykecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar