Kamis, 11 Oktober 2012

Substansi Andalan dikala Batuk Melanda

Hampir 2 minggu sudah sepertinya gue batuk gak kelar-kelar, yang paling nyiksa dari batuk itu ya ganggu tidur.. sedikit-sedikit kebangun, batuk-batuk, buang sputum. Tersiksaaaa...

Gue sebenernya orang yang sangat mengindari minum obat kalo emang gak terpaksa banget. Untuk beberapa orang kalo batuk biasanya langsung ke dokter, dikasih antibiotik dan obat batuk lainnya. Sementara gue yaaa kalo batuk biar parah kayak apa kalo suara gue masih ada (iya gue pernah batuk-batuk sampe suara gue ilang) dan gak pake radang sih paling gue "kabur" sebentar ke Pasar Mayestik beli jamu batuk di Toko Jamu Ibu Hadi. Kayak gimana tuh jamu batuk? Gue sendiri kurang paham apa aja tuh yang ada di dalam paketan jamu batuk itu, tapi yang pasti ya isinya beberapa rempah-rempah yang berkhasiat untuk nyembuhin batuk itu sendiri. Jadi nanti 1 paket jamu batuk itu direbus pakai air putih, direbusnya itu sekaligus dan biasanya gue di rumah ngerebusnya pakai wadah tembikar gitu / kalo gak ada ya pakai panci aluminium (kata nyokap gue sih jangan pakai yang stainless, gue lupa alesannya kenapa). Nah awalnya itu nanti warna air rebusan pekat banget, kayak teh kental, kalau airnya udah mau abis tambahin aja lagi air putihnya, begitu seterus sampai air rebusannya warnanya jadi agak bening. Kalau air rebusannya udah agak bening itu tandanya musti dibuang dan ganti pakai paket jamu yang baru. Yaa.. biasanya 1 paket jamu batuk itu bisa buat 3-4 hari, diminum 3x sehari.

Untuk yang belum dan pengen tau dimana itu Toko Jamu Ibu Hadi, coba kalau main ke Pasar Mayestik pergi ke bangunan baru yang keceh dan adem itu, masuk dari pintu depan entar turun ke basement. Nah dari situ belok kiri, tokonya ada di pojokan. Kalau mau gampangnya yaa begitu turun ke basement tanya-tanya aja sama satpam atau pedagang yang lain. Ingat! Malu bertanya, nyasar kemudian.. :p Gue tau Toko Jamu Ibu Hadi ini yaaa tidak lain dari nyokap yang emang pecinta obat-obatan tradisional dan kebetulan anaknya Ibu Hadi, Om Heri itu temen SMA nyokap, jadi biasanya nyokap SMS / Telepon Om Heri untuk pesen jamu-jamuan yang mau dibeli dan begitu dateng ke tokonya tinggal angkut aja deeeh... Hehehe...

Tapiii untuk batuk kali ini, substansi andalan untuk ngobatin batuk yang gak kelar-kelar ini bertambah. Dikasih tau temen kantor kalau ada obat batuk cina yang handal dan kebetulan bisa dibeli di ITC Kuningan (tinggal koprol 10x dari kantor... Hehehe). Ya udah akhirnya meluncur lah gue kesana minggu lalu, beli 1 obat batuk cina yang bernama "Lor Han Kuo". 1 botol yang isinya 150ml harganya 28 ribu. Dan ternyata it works on me... Ihiiiiy...

Berhubung gue selalu "ngantongin" permen jadi selama batuk biasanya gue juga punya permen andalan, Fishermen's Friend yang bungkusnya warna coklat, rasa Anseed. Rasanya yaaa kayak obat batuk gitulah, gue sih suka tapinya.. Dan yang menggembirakan lagi selama batuk kali ini gue jadi males ngerokok, terakhir ngerokok kayaknya 2 minggu yang lalu dan beberapa batang terakhir di bungkus rokok pun gue hibahkan ke tetangga cubicle di kantor.






Jadi, untuk yang lagi batuk.. Silahkan mencoba beberapa substansi andalan gue itu, siapa tau cucok juga neeeik...

Hidup sehat!
@siwindykecil

1 komentar: