Rabu, 14 Desember 2011

Akhirnya Bikin PASPOR!!!

Ayooo siapa disini yang senasib sama gue, umur 1/4 abad tapi belom punya paspor apalagi ke luar negeri?? Ngacung yang tinggiiiii!!! =))

Pas gue ngetwit nyari info gimana caranya kalo bikin paspor sendiri tanpa perantara calo, semuanya pada nanya "mau kemana lo?".. Ebuseeehh... Emang harus kemana dulu gitu yaaa kalo bikin paspor, yaaa bikin aja dulu kaleee, siapa tau ada pangeran ganteng tau-tau nyulik gue liburan ke Maldives atau.. hmm.. Belanda mungkin (ngarepnya keterlaluan sik.. hahahhaa), kan gue udah ready tuh siap berangkat kapan pun dia mau membawa gue pergi.. Hahahahha.. Alig!

Jadi kan gue ada langganan agent a.k.a calo yang biasa gue pake untuk ngurusin paspor / visa orang-orang kantor, dia kasih harga "spesial" (katanya sih) ke gue 500rb, dengan proses jadi 14 hari. Setelah gue pikir-pikir lah koq lama amat, akhirnya gue cari-cari info lagi sampai akhirnya gue dapet info dari temen gue dan sebelumnya juga udah googling kalo Imigrasi sekarang udah ada layanan online untuk bikin baru / perpanjang paspor. Ya udah deh tuh akhirnya gue kembali googling untuk mencari lebih detail masalah Pembuatan Paspor Online ini dan akhirnya gue memutuskan "Ok, gue buat sendiri dan online.. kayaknya orang-orang gak ribet dan recommended nih".

Sebenernya yang dimaksud dengan Pembuatan Paspor Online itu bukan berarti kita gak dateng ke Kantor Imigrasi, kita tetep dateng ke Kantor Imigrasi yang nantinya kita pilih, jadi online itu kita cuma isi ada beberapa data + submit dokumen - dokumen yang nantinya kita serahin juga pas di Kantor Imigrasi, cuma aja antrian untuk orang yang udah daftar secara online dengan yang datang langsung itu emang jauh lebih dikit dan otomatis lebih cepet.

+ + Langkah - langkah yang perlu dilakukan :

  1. Scan semua dokumen yang diperlukan, seperti : Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Ijazah, KTP, Surat Keterangan Kerja / Sponsor ( ada beberapa tambahan dokumen seperti surat keterangan ganti nama kalo memang ada, semua ada listnya). 
  2. Masuk ke website http://www.imigrasi.go.id/  >> Layanan Publik >> Layanan Online >> Layanan Paspor Online >>  Pra Permohonan Personal 
  3. Isi semua data yang diminta dan upload semua dokumen yang diperlukan
  4. Diakhir semua pengisian data nanti akan diminta kantor Imigrasi mana yang akan didatangin, INGAT! Pastiin kalian emang bisa datengin kantor imigrasi yang udah kalian pilih pas pra pendaftaran online itu, karena gak bisa nanti pada harinya kalian dateng ke kantor imigrasi lain. Selain itu nanti juga akan diminta tanggal kapan kalian bisa datang ke Kantor Imigrasi yang sudah kalian pilih, tanggal yang bisa kalian pilih itu 2 hari setelah kalian isi data online (lusanya) dan paling lamanya 7 hari kerja, kalo sudah lewat dari tanggal yang sudah kalian pilih dan kalian gak dateng, kalian harus mendaftar dan mengisi data dari awal lagi seperti semula. 
  5. Setelah selesai semuanya nanti kalian akan mendapatkan nomor pendaftaran, JANGAN LUPA DICETAK!! ini PENTING untuk penyerahan dokumen copy pas dateng ke kantor imigrasi nanti.
  6. Semua dokumen yang tadi discan jangan lupa di foto copy + dibawa aslinya pas nanti dateng ke Kantor Imigrasi untuk penyerahan data.
  7. Oke, Pas hari "H"-nya lo dateng ke Kantor Imigrasi yang udah lo pilih itu, tanya ke bagian informasi tempat pengurusan online. Nah kalo gue waktu itu dateng ke Kantor Imigrasi Khusus I Jakarta Selatan yg di Mampang, jadi untuk pengurusan online itu ada di lantai 2. First thing to do itu beli map kuning di Koperasi + Form Pengisian, harganya 5rb. 
  8. Form yang sudah diisi + foto copy dokumen - dokumen  yang di upload pas pra pendaftaran online ( KK, Akta Kelahiran, ijazah, KTP) + Surat Keterangan Kerja + Print Out nomor pendaftaran online dimasukan ke dalam map kuning dan diserahkan  ke loket 2 s.d. 4, nanti di loket ini juga akan dicek dokumen aslinya. 
  9. Tunggu dipanggil untuk dikasih struk yang harus dikasih ke loket pembayaran. Kalau sudah dikasih, serahkan struk tersebut ke loket 10 s.d. 11 dan tunggu dipanggil untuk proses pembayaran.  Biaya untuk pembuatan paspor ini adalah Rp. 255.000,-
  10. Setelah proses pembayaran selesai, kita akan mendapat nomor antrian untuk foto & wawancara.
Total waktu yang saya gunakan dari mulai datang sampai selesai foto & wawancara itu kurang lebih 3 jam dan TANPA CALO! :D Gak ribet koq, cuma emang musti rela waktu untuk nunggu aja, datengnya agak pagian, kemarin itu gue dateng jam 9 mungkin kalo dateng lebih pagi bisa lebih cepet lagi selesainya. Oia, Paspornya jadinya itu 1 minggu.. Which is BESOK! Horaaaaayy!!

Ayo mari menjadi warga negara Indonesia yang baik, sekarang semuanya gampang gak usah pake calo, urus sendiri, uang pun hemat 50%.

Jadi, manaaaa niiih pangeran yang mau menculik sayaaa? #mureeeeee =))

**Tambahan :
Setelah tadi ngambil paspor, ada sedikit info tambahan nih.. Jadi ntar lo pas ke loket "pengambilan paspor" kasih bukti pembayaran, dicari paspor lo.. Kalo udah ketemu, lo ntar disuruh fotocopy paspornya (halaman paling depan + belakang) di koperasi (fotocopy 1 halaman = Rp 1.000), trus sekalian aja beli sampul paspornya (harganya Rp 3.000,-) biar gak bolak balik.

Jadi, Total Biaya untuk Pengurusan paspor sendiri tanpa calo ini adalah Rp 264.000,

XoXo
@siwindykecil

2 komentar:

  1. gue juga seneng bgt akhirnya bisa bikin paspor, sekitar awal 2011 kmrn tanpa calo dan dgn biaya percis kayak elo bikin ini.. hahaha *yg penting punya aja dulu*. emang kayaknya harus lagi mure dan nganggur nih pas bikinnya kebeneran pas gw lagi periode libur kul, total 3x doang bolak balik ke kantor imigrasi dan siang2 jam 1 udah kelar urusan (ga ampe kantornya tutp). seneeeeng hahaha tumben2 nih kantor pemerintahan efisien. i feel like a boss :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aseliiik... ternyata gak seribet yang kita bayangin sih, asalkan mau sabar sama punya waktu lebih aja buat nunggu2nya itu (beda tipis lah sama kayak nunggu jodoh.. #lah #salahfokus) dan sampe skarang paspor gue masih mulus tanpa cap imigrasi 1 pun.. hahhahahaa #mesakke

      Hapus